7 Buku Gratis Libre Office

Anda pengguna Linux tentu sudah cukup familiar dengan software Office berlisensi terbuka, Libre Office. Libre Office sendiri awalnya dikembangkan dari Open Office yang telah diakuisisi oleh Sun. Saya sendiri menggunakan Libre Office pada Sistem Operasi Linux Mint 14 Nadia. Sementara bagi Anda pengguna Windows atau Mac, tetap bisa mencoba aplikasi office gratisan ini dengan mendownload di situs resminya, http://libreoffice.org. Dari sisi pengoperasiannya, Libre Office sebenarnya tidaklah sulit. Anda yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office akan dengan mudah menggunakan aplikasi ini karena fungsionalitasnya sama. Bahkan, kalo menurut saya pribadi, lebih enak dan lebih fleksibel karena menggunakan format Open Document.
Bagi Anda yang membutuhkan panduan atau petunjuk mengenai penggunaan Libre Office, Document Foundation sebagai suatu organisasi nirlaba yang mengembangkan Libre Office, menyediakannya secara GRATIS untuk Anda. Berikut ini ada 7 (tujuh) ebook atau buku yang disediakan oleh Document Foundation. Jadi jangan ragu untuk mendownload dan mempelajarinya.

libreoffice-buku-gratis
  1. Getting Started with LibreOffice. Buku ini berisi bagaimana mengawali penggunaan LibreOffie. Buku terdiri dari 390 halaman dengan isi antara lain Introducing LibreOffice, Setting Up LibreOffice, Using Styles and Templates, Getting Started with Writer, Getting Started with Calc, Getting Started with Impress, Getting Started with Draw, Getting Started with Base, Getting Started with Math dan beberapa fungsi dasar lainnya. Buku tersedia untuk versi 3.3.x, 3.4.x, 3.5.x dan 4.0 dalam format ODT (Open Document Text) maupun PDF (Portable Document Format). Download ebook (LibreOffice 4.0) format ODT atau PDF.
  2. LibreOffice Writer Guide. Pada ebook ini dipaparkan mengenai LibreOffice Writer sebagai bagian dari LibreOffice yang dimanfaatkan untuk pengetikan dokumen. Beberapa bab yang dibahas pada ebook ini diantaranya bagaimana mengatur LibreOffice Writer, bagaimana melakukan pengaturan halaman, bagaimana bekerja dengan gambar / grafik, bagaimana membuat daftar isi dan sebagainya. Ebook ini baru tersedia untuk LibreOffice versi 3.6, namun untuk versi 4.0 akan tersedia segera. Download ebook dalam format ODT atau PDF disini.
  3. LibreOffice Calc Guide. LibreOffice Calc merupakan perangkat pengolah angka (spreadsheet) yang sangat baik. Document Foundation menyediakan ebook yang membahas secara mendalam LibreOffice Calc, namun baru tersedia untuk versi 3.4. Ebook terdiri dari 400 halaman yang dilengkapi gambar-gambar sebagai ilustrasi sehingga cukup mudah dipahami. Tertarik? Download ebook disini.
  4. LibreOffice Math Guide. LibreOffie Math adalah bagian dari LibreOffice yang bermanfaat untuk membuat formula-formula matematis. Formula dapat di-embed (dipasang) di perangkat LibreOffice lainnya. Ebook yang disediakan pada bagian ini baru tersedia untuk LibreOffice versi 3.4. Download gratis disini.
  5. LibreOffice Impress Guide. Jika Anda ingin membuat presentasi dengan LibreOffice, perangkat LO Impress ini dapat Anda gunakan. Ebook tersedia untuk LibreOffice versi 3.5.x dan segera tersedia untuk versi 4.0. Silahkan download ebook disini.
  6. LibreOffice Draw Guide. LibreOffice Draw merupakan perangkat yang disediakan khusus untuk membuat grafik atau diagram sederhana. Silahkan download ebooknya sebagai petunjuk penggunaanya.
  7. LibreOffice Base Guide. Bagi Anda yang ingin menyimpan data sederhana, dapat menggunakan LibreOffice Base. Perangkat ini semacam MS Access. Langsung saja download ebooknya, gratis, walaupun ebook masih dalam tahap pengembangan.
Selain buku / ebook gratis, situs Document Foundation juga menyediakan beberapa reference card, semacam kartu ringkasan yang berguna buat kita sebagai petunjuk singkat penggunaan LibreOffice.
Demikian 7 Ebook atau Buku Gratis Libre Office untuk Anda. Semoga bermanfaat dan maju terus ilmu pengetahuan Indonesia.
Semoga bermanfaat

Sumber Dari : http://achmatim.net/tag/buku-gratis/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Form PHP menggunakan Adobe Dreamweaver CS5

Cara Membuat Halaman Statis di Blog Blogspot